Jangan Salah Mengompres Anak Demam

Advertisement
advertisement
 



Jangan Salah Mengompres Anak Demam. Sering kali saya lihat para orang tua salah kaprah dalam mengompres anak ketika sedang demam tinggi. Saat anak demam, tindakan awal yang dilakukan adalah mengompres di dahi, kebanyakan dengan washlap yang direndam di dalam air dingin. Jika Anda melakukan cara ini pada anak, Anda harus mengubah kebiasaan yang kurang tepat ini.

Untuk mengatasi demam sebaiknya lakukan kompres dengan air hangat. Caranya, rendam washlap dalam air hangat lalu gunakan untuk mengompres pada area leher, bukan dahi. Cara lain, gunakan washlap yang direndam di air hangat untuk membasuh seluruh badan, bukan hanya bagian tertentu saja, sambil badan sang anak dikipas-kipas. Cara ini sangat ampuh untuk menurunkan suhu tinggi dengan cepat.

"Di badan kita ada reseptor yang memberi tahu otak bahwa badan sedang demam atau tidak. Kalau kompres dingin yang diberikan, hanya suhu kulit dingin. Otak berpikir tubuhnya dingin sehingga otak tidak memerintahkan melepaskan zat-zat yang bisa menurunkan demam," jelas Dokter spesialis anak di Rumah Sakit Ibu dan Anak Hermina, dr Herbowo Soetomenggolo, SpA.

Mengapa area leher yang harus dikompres? Karena di area inilah terdapat pembuluh darah terbanyak, selain daerah lipatan seperti ketiak. Saat demam, area tubuh yang terdapat pembuluh darah inilah yang semestinya dikompres. Oleh karena itu sebaiknya kompres bukan dilakukan di dahi.

Demikian tips untuk mengompres anak yang sedang demam, semoga dapat bermanfaat.

Disadur dari Kompas.com

Advertisement
advertisement
Jangan Salah Mengompres Anak Demam | Unknown | 5

0 komentar:

Posting Komentar